PENERAPAN ALAT PERAGA MAGIC PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS SEGIEMPAT KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 TANJUNGPINANG TAHUN AJARAN 2017/2018

Masdiyana, Masdiyana and Mirta Fera, Fera and Rezky Ramadhona, Dhona PENERAPAN ALAT PERAGA MAGIC PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS SEGIEMPAT KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 TANJUNGPINANG TAHUN AJARAN 2017/2018. PENERAPAN ALAT PERAGA MAGIC PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS SEGIEMPAT KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 TANJUNGPINANG TAHUN AJARAN 2017/2018. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
MASDIYANA-140384202002-FKIP-2018.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Ditinjau dari asepek kompetensi yang ingin dicapai, fokus pembelajaran matematika disekolah adalah kemampuan pemahman konsep terhadap yang diajarkan. Berdasarkan hasil observasi di sekolah SMP N 10 Tanjungpinang adalah pemahaman konsep amtematika siswa rendah. Agar tujuan pembelajaran dapat tercapai, maka peneliti menerapkan sebuah alat peraga magic puzzle dalam pembelajaran matematika pada topik segiempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan pemahaman konsep matematika siswa yang memperoleh pembelajaran matematika melaui penerapan alat peraga magic puzzle dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional pada materi keliling dan luas segiempat kelas VII SMP N 10 Tanjungpinang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematika siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang terdiri dari pretest dan postest dengan membandingkan nilai peningkatan dari kedua kelas. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa rata-rata gain kelas eksperimen yang menerapkan alat peraga magic puzzle lebih tinggi dari rata-rata gain kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Dimana rata-rata gain kelas eksperimen sebesar 0,5840 dan rata-rata gain kelas kontrol sebesar 0,3953. Selain itu berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sampel t-test dengan bantuan software SPSS di peroleh nilai p < 0,05. Yang artinya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan menerapkan alat peraga magic puzzle lebih tinggi dari pada yang memperoleh pembelajaran matematika dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada materi keliling dan luas segiempat kelas VII SMP N 10 Tanjungpinang.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Division: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: Masdiyana Masdiyana
Date Deposited: 03 Aug 2018 05:58
Last Modified: 03 Aug 2018 05:58
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/1022

Actions (login required)

View Item View Item