PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHMAN KONSEP MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT KELAS VII SMP NEGERI 4 TANJUNGPINANG

Reza Ermalita, Eza and Rezky Ramadhona, dhona and Mirta Fera, fera PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHMAN KONSEP MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT KELAS VII SMP NEGERI 4 TANJUNGPINANG. PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHMAN KONSEP MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT KELAS VII SMP NEGERI 4 TANJUNGPINANG. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
REZA ERMALITA-140384202019-FKIP-2018.pdf

Download (604kB) | Preview
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id/

Abstract

Abstrak: Ditinjau dari aspek kompetensi yang ingin dicapai, fokus pembelajaran matematika disekolah adalah kemampuan pemahaman konsep terhadap materi yang diajarkan, berdasarkan hasil observasi permasalahan yang ditemui di SMP Negeri 4 Tanjungpinang adalah pemahaman konsep matematika yang rendah. Agar tujuan pembelajaran tercapai, maka peneliti memilih pembelajaran yang tepat berupa pendekatan PMRI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan peningkatan pemahaman konsep matematika siswa antara yang memperoleh pembelajaran melalui pendekatan PMRI dan yang memperoleh pembelajaran melalui pendekatan konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen dengan desain Randomized Subjects Pretest-posttest Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tanjungpinang yang berjumlah 64 siswa terdiri atas 32 siswa kelas eksperimen dan 32 siswa kelas kontrol dan objek penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata gain pada kelas eksperimen yang menerapkan pendekatan PMRI lebih tinggi dari rata-rata gain kelas kontrol yang menerapkan pendekatan konvensional. Adapun rata-rata gain kelas eksperimen sebesar 0,563 dan rata-rata gain kelas kontrol sebesar 0,476. Selain itu berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan software SPSS 22 diperoleh nilai P-value sebesar 0,004 yang menunjukkan nilai sig (0,004) < 0,05, artinya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan penerapan pendekatan PMRI lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan pendekatan konvensional.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Division: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: Reza Ermalita Eza
Date Deposited: 21 Aug 2018 03:56
Last Modified: 21 Aug 2018 03:56
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/1023

Actions (login required)

View Item View Item