PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAHIRAN MENULIS TEKS OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018.

Lestari, Esthi PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAHIRAN MENULIS TEKS OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAHIRAN MENULIS TEKS OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018.. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
ESTHI ASYIH LESTARI -140388201016-FKIP-2018.pdf

Download (361kB) | Preview
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id/

Abstract

Lestari, Esthi Asyih. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Kemampuan Menulis Teks Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Tanjungpinang: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pembimbing 1: Titik Dwi Ramthi Hakim, M.Pd. Pembimbing 2: Drs Wagiman, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Model Pembelajaran Think Talk wite, Teks Observasi, Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Kemampuan Menulis Teks Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.2 SMP Negeri 4 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2017/2018 terdiri 37 siswa. Pengumpulan data untuk kemampuan menulis teks observasi siswa menggunakan tes. Analisis data dengan menggunakan metode kuantitatif yaitu analisis yang disajikan dalam bentuk statistik. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa tes menulis observasi sebelum menggunakan model pembelajaran think talk write termasuk kategori sedang dengan nilai rata-rata 62,97. Pada hasil tes menulis observasi sesudah menggunakan model pembelajaran think talk write termasuk kategori baik dengan nilai rata-rata 81,75. Jadi berdasarkan perhitungan uji t, peneliti memperoleh thitung yaitu 8,73 sedangkan ttabel dengan dk = 37-2 = 35 (t.s =1,689). Maka dapat diketahui bahwa thitung adalah lebih besar dari pada ttabel yaitu : 1,689 < 8,73 > 1,689. Artinya (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Dengan demikian ada pengaruh yang signifikan pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Kemampuan Menulis Teks Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Esthi Asyih Lestari
Date Deposited: 10 Aug 2018 03:43
Last Modified: 10 Aug 2018 03:43
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/1064

Actions (login required)

View Item View Item