PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATUF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN2017/2018

Widya Sari, Dita PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATUF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN2017/2018. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
DITA WIDYA SARI-140388201004-FKIP-2018.pdf

Download (372kB) | Preview
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Widya, Dita Sari. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Tanjungpinang: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pembimbing I: Titik Dwi Ramthi Hakim, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II: Drs. Wagiman, M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match, Menulis Pantun. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat ada tidaknya pengaruh model pembelajaran koopeartif tipe make a match terhadap kemampuan menulis pantun siswa kelas SMP Negeri 4 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2017/2018. Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis pantun dikarenakan siswa tidak dapat mengungkapkan ide dan gagasan dalam menentukan pilihan kata dalam menulis pantun. Siswa juga masih ada yang kesulitan dalam menentukan sajak dalam menulis pantun. Penelitian ini menggunakan metode Pra-eksperimen one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 4 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel dalam peneltian ini berjumlah 38 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling pada kelas VII.1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk nilai pretest kemampuan menulis pantun memperoleh kategori “cukup”, hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata yaitu 61, sedangkan untuk nilai posttest siswa memperoleh kategori “sangat baik”, hal tersebut dapat dilihat dari nilai raata-rata yaitu 91,1. Jadi berdasarkan perhitungan uji t, peneliti memperoleh thitung yaitu 7,65 sedangkan ttabel dengan dk = 38-2 = 36 (t.s =1,688). Maka dapat diketahui bahwa thitung adalah lebih besar dari pada ttabel yaitu : 1,688 < 7,65 > 1,688. Artinya (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Dengan demikian ada pengaruh yang signifikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Dita Widya Sari
Date Deposited: 14 Aug 2018 09:33
Last Modified: 14 Aug 2018 09:33
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/1082

Actions (login required)

View Item View Item