Efektivitas Penerapan Strategi REACT dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Tanjungpinang

FINDIANTI, DWININDI and FERA, MIRTA and RAMADHONA, REZKY Efektivitas Penerapan Strategi REACT dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Tanjungpinang. Efektivitas Penerapan Strategi REACT dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Tanjungpinang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
DWI NINDI FINDIANTI-140384202050-FKIP-2018.pdf

Download (543kB) | Preview
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id/

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan ilmu dasar yang wajib dimiliki siswa. Namun berdasarkan hasil diskusi dengan salah satu guru matematika di SMP Negeri 16 Tanjungpinang diketahui bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih tergolong rendah. Salah satu penyebabnya adalah pembelajaran konvensional seperti ceramah. Oleh sebab itu dibutuhkan suatu strategi pembelajaran seperti REACT dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan keefektifan penerapan strategi REACT dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Tanjungpinang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian randomized subjects, pretest-posttest control grup design. Pada penelitian ini kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Kelas eksperimen menerapkan strategi REACT sedangkan kelas kontrol menerapkan strategi pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berbentuk uraian, observasi pembelajaran, dan dokumentasi. Hasil persentase ketuntasan siswa yang lulus KKM di kelas eksperimen mencapai 82,9% sedangkan persentase pada kelas kontrol hanya mencapai 48,6%. Kemudian rata-rata posttest kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan strategi REACT sebesar 80,91 sedangkan rata-rata posttest kelas yang menerapkan strategi pembelajaran konvensional sebesar 67,24. Dari hasil analisis data pada uji Independent t-test menunjukkan hasil signifikansi sebesar 0,000 dengan α=0,05. Oleh karena 0,000 < 0,05 maka terjadi tolak H0 dan terima H1, yang berarti bahwa rata-rata posttest kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan strategi REACT lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi REACT lebih efektif dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Tanjungpinang.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Division: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Dwi Nindi Findianti
Date Deposited: 09 Aug 2018 08:29
Last Modified: 09 Aug 2018 08:29
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/1119

Actions (login required)

View Item View Item