VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TANJUNGPINANG

Sulaiman, RM VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TANJUNGPINANG. VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TANJUNGPINANG.

[img]
Preview
Text
artikel romy.pdf

Download (463kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran Powerpoint interaktif materi sistem pencernaan pada manusia yang layak digunakan untuk kegiatan belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Tanjungpinang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (research and development) model pengembangan Plomp. Pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan beberapa fase, yaitu: fase investigasi awal yang terdiri dari (analisis awal, analisis siswa, analisis materi, dan analisis evaluasi, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran), fase desain yang terdiri dari (desain awal media Powerpoint dan desain instrumen), fase realiasi yang terdiri dari (uji validasi dari ahli media dan ahli materi), dan fase tes, evaluasi dan revisi yang terdiri dari (uji coba kepada guru dan siswa). Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran Powerpoint diketahui bahwa hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa aspek multimedia termasuk kategori “sangat valid” dengan rata-rata persentase 90% dan kualitas instruksional termasuk kategori “sangat valid” dengan rata-rata persentase 82,50% dan hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa aspek materi pembelajaran termasuk kategori “ sangat valid” dengan rata-rata skor persentase 100%, maka media pembelajaran Powerpoint materi sistem pencernaan pada manusia valid digunakan dalam kegiatan pembelajaran IPA di SMP Negeri 2 Tanjungpinang. Kata kunci: Media Pembelajaran, Powerpoint, Materi Sistem Pencernaan

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Division: Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Program Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Romy RM sulaiman
Date Deposited: 15 Apr 2019 01:36
Last Modified: 15 Apr 2019 01:36
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/1149

Actions (login required)

View Item View Item