Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Media Interaktif Lectora untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Tanjungpinang

Eka Dewi, Oktafia and Linda, Rosmery. T and Nur, Izzati Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Media Interaktif Lectora untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Tanjungpinang. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Media Interaktif Lectora untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Tanjungpinang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
EKA DEWI OKTAFIA-140384202017-FKIP-2018.pdf

Download (630kB) | Preview
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media interaktif Lectora dengan yang memperoleh pembelajaran konvensional di kelas VII SMP Negeri 16 Tanjungpinang. Jenis penelitian yaitu quasi eksperimen dengan desain randomized control group design pretest-postest, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 16 Tanjungpinang Tahun Ajaran 107/2018 yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah siswa 252 siswa. Penelitian ini mengambil dua kelas sampel yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument berupa tes pemahaman konsep matematis pada materi penyajian data. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata peningkatan pemahaman konsep matematis kelas eksperimen sebesar 0,3048, sedangkan rata-rata peningkatan pemahaman konsep matematis kelas kontrol sebesar 0,2050. Data yang diperoleh dari hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t pada taraf signifikansi 5% atau (α = 0,05), diperoleh sig (2-tailed) pada Equal variances assumed sebesar 0,014. Pengujian yang dilakukan pada penelitian ini adalah uji satu pihak (pihak kanan) maka nilai p-value = 1/2 x 0,014 = 0,007. Berdasarkan kriteria pengujian jika p-value ≤ α, maka H_(0 )ditolak artinya peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media interaktif Lectora lebih tinggi daripada yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Division: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Eka Dewi Oktafia Eka
Date Deposited: 21 Aug 2018 03:58
Last Modified: 21 Aug 2018 03:58
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/1155

Actions (login required)

View Item View Item