Keefektifan Strategi Think-Pair-Share dalam Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa Kelas X IPS Madrasah Aliyah Negeri Bintan Tahun Pelajaran 2016/2017

MUCHLIS M, MUCHLIS M Keefektifan Strategi Think-Pair-Share dalam Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa Kelas X IPS Madrasah Aliyah Negeri Bintan Tahun Pelajaran 2016/2017. Keefektifan Strategi Think-Pair-Share dalam Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa Kelas X IPS Madrasah Aliyah Negeri Bintan Tahun Pelajaran 2016/2017. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
MUCHLIS M-120388201269-FKIP-2018.pdf

Download (183kB) | Preview
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya minat siswa dalam kagiatan menulis yaitu keterampilan menulis eksposisi. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan strategi think-pair-share dalam keterampilan menulis eksposisi siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Bintan Tahun Pelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini berjumlah 31 siswa. Sampel yang digunakan adalah seluruh populasi dengan jumlah 31 siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen yaitu dengan adanya perlakuan berupa pretest dan posttest. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu datanya berupa angka dan anlisisnya berupa statistik. Desain penelitian yaitu one group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis , bentuk tesnya yaitu tes portofolio. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan strategi think-pair-share efektif dalam keterampilan menulis eksposisi. Nilai rata-rata pretest adalah 61,29 dan nilai posttest adalah 81,19. Nilai t hitung yang didapat adalah 13,38. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis maka Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Berdasarkan hasil yang sudah didapatkan, dapat disimpulkan bahwa strategi Think-Pair-Share efektif dalam menulis eksposisi siswa kelas X IPS Madrasah Aliyah Negeri Bintan Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Muchlis M Muchlis M
Date Deposited: 10 Aug 2018 04:22
Last Modified: 10 Aug 2018 04:22
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/1169

Actions (login required)

View Item View Item