Efektivitas Penerapan Strategi REACT dengan Setting PBL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pokok Bahasan Segiempat Kelas VII SMP Negeri 5 Tanjungpinang

Anggreni, Dwi Septia Efektivitas Penerapan Strategi REACT dengan Setting PBL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pokok Bahasan Segiempat Kelas VII SMP Negeri 5 Tanjungpinang. Efektivitas Penerapan Strategi REACT dengan Setting PBL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pokok Bahasan Segiempat Kelas VII SMP Negeri 5 Tanjungpinang. (Unpublished)

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan keefektifan penerapan strategi REACT dengan setting PBL dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pokok bahasan segiempat kelas VII SMP Negeri 5 Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experiment dengan desain penelitian Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini ialah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol yang ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Pada kelas eksperimen, pembelajarannya menerapkan strategi REACT dengan setting PBL, sedangkan pada kelas kontrol menerapkan pembelajaran secara konvensional. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk uraian dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata N-Gain kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen sebesar 0,66 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,53. Hasil analisis data pada uji Independent Sample T-Test dengan = 0,05 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Karena pengujian hipotesis yang dilakukan menggunakan uji satu pihak (uji pihak kanan) maka berdasarkan pada kriteria x nilai Sig. (2-tailed) ≤ , atau x 0,000 ≤ 0,05, maka Ho ditolak atau Ha diterima. Selanjutnya, berdasarkan pada hasil posttest kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas eksperimen diperoleh jumlah siswa yang mencapai KKM yaitu sebanyak 27 siswa dengan persentase sebesar 84,4%, sedangkan pada kelas kontrol sebanyak 25 siswa dengan persentase sebesar 78,1%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi REACT dengan setting PBL lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pokok bahasan segiempat kelas VII SMP Negeri 5 Tanjungpinang.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Division: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: Dwi Septia Anggreini
Date Deposited: 21 Aug 2018 03:58
Last Modified: 21 Aug 2018 03:58
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/1181

Actions (login required)

View Item View Item