Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Teori Wankat dan Oreovicz Pada Materi Trigonometri Kelas X IPA SMA Negeri 6 Tanjungpinang Tahun Ajaran 2017/2018

Endah, Ayu and Febrian, Febrian and Linda, Rosmery Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Teori Wankat dan Oreovicz Pada Materi Trigonometri Kelas X IPA SMA Negeri 6 Tanjungpinang Tahun Ajaran 2017/2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Teori Wankat dan Oreovicz Pada Materi Trigonometri Kelas X IPA SMA Negeri 6 Tanjungpinang Tahun Ajaran 2017/2018. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
EndahAyuS-140384202044-FKIP-2018.pdf

Download (167kB) | Preview
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik berdasarkan teori Wankat dan Oreovicz pada materi trigonometri kelas X IPA SMA Negeri 6 Tanjungpinang. Dalam menyelesaikan masalah matematis diperlukan 7 tahap pemecahan masalah yaitu tahap saya mampu/bisa (i can), tahap mendefinisikan (define), tahap eksplorasi (explore), tahap merencanakan (plan), tahap mengerjakan (do it), tahap mengoreksi kembali (check) dan tahap generalisasi (generalize). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskripstif kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 6 Tanjungpinang tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dari 30 peserta didik kelas X IPA yang mengikuti tes, dipillih masing-masing dua peserta didik yang mewakili kemampuan atas, sedang dan bawah dalam kedudukannya berdasarkan standar deviasi dan kategori kemampuan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis, wawancara dan triangulasi. Analisis data dalam penelitian ini ialah menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan secara umum kelemahan peserta didik dalam menyelesaikan masalah bila ditinjau dari teori Wankat dan Oreovicz ialah pada tahap memeriksa kembali (check) dan tahap generalisasi (generalize) yaitu sebesar 10% dan 12%. Bila ditinjau dari kedudukan peserta didik dalam kelompoknya, kelompok atas telah memiliki seluruh tahap pemecahan masalah Wankat dan Oreoviz sedangkan kelompok kelas sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah hingga tahap merencanakan (plan) dan kelompok kelas bawah belum memiliki kemampuan pemecahan masalah yang cukup baik bila ditinjau berdasarkan teori Wankat dan Oreovicz. �

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Division: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: Endah Ayu Suryaningrum
Date Deposited: 09 Aug 2018 08:39
Last Modified: 09 Aug 2018 08:39
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/1186

Actions (login required)

View Item View Item