Analisis Perbandingan Teori Tes Klasik dan Rasch Model dalam Evaluasi Instrumen Pengukuran Pemahaman Konsep

Susdelina, Sinaga and Perdana, Sukma Adi and Febrian, Febrian Analisis Perbandingan Teori Tes Klasik dan Rasch Model dalam Evaluasi Instrumen Pengukuran Pemahaman Konsep. Analisis Perbandingan Teori Tes Klasik dan Rasch Model dalam Evaluasi Instrumen Pengukuran Pemahaman Konsep. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
SUSDELINA SINAGA-140384202008-FKIP-2018.pdf

Download (389kB) | Preview

Abstract

Susdelina. 2018. Analisis Perbandingan Teori Tes Klasik dan Rasch Model dalam Evaluasi Instrumen Pengukuran Pemahaman Konsep, zs Skripsi. Tanjungpinang: Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pembimbing I: Sukma Adi Perdana, S.Si., M.Sc. Pembimbing II: Febrian, S.Pd., M.Sc. Kata Kunci: analisis butir, teori tes klasik, rasch model, instrumen pemahaman konsep Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil perbandingan analisis kualitas instrumen pretest pengukuran pemahaman konsep melalui pendekatan teori tes klasik dan model Rasch ditinjau dari unsur validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui metode dokumentasi berupa 4 butir soal pretest pengukuran pemahaman konsep dan 28 lembar jawaban siswa kelas IX-3 Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Tanjungpinang dan diambil pada bulan April 2018. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis melalui pendekatan teori tes klasik menggunakan bantuan program SPSS versi 23 dan model Rasch dengan software Winsteps. Hasil penelitian menunjukan kualitas instrumen pengukuran pemahaman konsep melalui pendekatan teori tes klasik berkualitas baik dari segi validitas sedangkan melalui analisis model Rasch belum memiliki kualitas yang baik. Analisis reliabilitas melalui kedua pendekatan termasuk kategori sedang sebesar 0,536 melalui pendekatan teori tes klasik dan 0,71 pada model Rasch. Berdasarkan indeks tingkat kesukaran melalui pendekatakan teori tes klasik belum memiliki kualitas yang baik, sedangkan hasil analisis melalui model Rasch menunjukkan tingkat kesukaran yang beragam yaitu mudah, sulit dan sangat sulit. Pada indeks daya pembeda, sebagian besar daya pembeda soal instrumen pretest pemahaman konsep melalui analisis melalui teori tes klasik berkategori buruk. Sama halnya dengan analisis model Rasch, soal juga dinyatakan termasuk soal yang memiliki kualitas yang belum baik karena berdasarkan hasil analisis melalui nilai separasi respondennya diperoleh 1.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Division: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Susdelina Sinaga
Date Deposited: 21 Aug 2018 03:58
Last Modified: 21 Aug 2018 03:58
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/1192

Actions (login required)

View Item View Item