PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAK DENGAN STRATEGI GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI ATURAN PENCACAHAN DAN PELUANG

Felixianus, Amo PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAK DENGAN STRATEGI GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI ATURAN PENCACAHAN DAN PELUANG. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAK DENGAN STRATEGI GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI ATURAN PENCACAHAN DAN PELUANG. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
FELIXIANUS AMO-140384202013-FKIP-2018.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

FELIXIANUS AMO (140384202013). Penerapan Model Pembelajaran VAK dengan Strategi Gamifikasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Aturan Pencacahan dan Peluang Kelas XI SMK Negeri 3 Tanjungpinang. Artikel Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikaan. Universitas Maritim Raja Ali Haji. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen, tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran VAK dengan Strategi Gamifikasi; (2) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional; (3) penerapan model pembelajaran VAK dengan strategi gamifikasi untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 3 Tanjungpinang. Teknik pengambilan sampel menggunkan tehnik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah tes uraian, yang sesuai dengan indikator pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan permutasi dan kombinasi. Tes yang diberikan terdiri dari 7 soal bentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran VAK dengan strategi gamifikasi dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Rata-rata peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan pada model pembelajaran VAK dengan strategi gamifikasi lebih tinggi dari rata-rata peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model konvensional. Kata kunci: Model VAK, Gamifikasi, Pemahaman Konsep Matematis.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Division: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: Felixianus Amo
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:47
Last Modified: 13 Aug 2018 04:47
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/1232

Actions (login required)

View Item View Item