PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SETS PADA MATERI KOLOID KELAS XI MIA

citra, melisa PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SETS PADA MATERI KOLOID KELAS XI MIA. Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga menggunakan pendekatan SETS pada materi koloid kelas XI MIA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Jurnal Pengembangan.pdf

Download (461kB) | Preview

Abstract

Lemahnya proses pembelajaran membuat siswa menjadi kesulitan dalam menerima pelajaran. Hal ini dipicu oleh guru yang masih menggunakan metode konvensional (ceramah) pada setiap proses pembelajaran, membuat peserta didik merasa bosan dalam setiap proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu solusi untuk mengurangi beban guru dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran ular tangga menggunakan pendekatan SETS pada soal dan jawaban serta mengetahui seberapa layak produk tersebut sebagai media pembelajaran pada materi koloid XI MIA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Desain penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation and evaluation tetapi penulis membatasi penelitian sampai tahap development. Subjek penelitian adalah 32 siswa SMAN 5 Tanjungpinang kelas XI MIA. Pengumpulan data dilakukan dengan angket serta teknik analisis dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran permainan ular tangga telah dikembangkan. 2) Hasil produk media pembelajaran ular tangga dinyatakan sangat layak digunakan menurut validator dengan persentase 86,8% dan menurut persentase tanggapan respon siswa dalam kelompok kecil dan kelomok besar dengan hasil masing-masing, 83,31% dan 85,42% yang menunjukkan bahwa media pembelajaran permainan ular tangga kimia yang dikembangkan praktis dan layak untuk digunakan pada siswa SMA.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Division: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: melisa citra win
Date Deposited: 14 Aug 2018 02:59
Last Modified: 14 Aug 2018 02:59
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/1250

Actions (login required)

View Item View Item