Efektivitas Penerapan Pendidikan Matematika Realisitk (PMR) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pokok Bahasan Peluang Siswa Kelas XI SMK Maitreyawira Tanjungpinang

Juliana, juli Efektivitas Penerapan Pendidikan Matematika Realisitk (PMR) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pokok Bahasan Peluang Siswa Kelas XI SMK Maitreyawira Tanjungpinang. Efektivitas Penerapan Pendidikan Matematika Realisitk (PMR) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pokok Bahasan Peluang Siswa Kelas XI SMK Maitreyawira Tanjungpinang. (Unpublished)

[img] Text
ARIKEL JULIANA 140384202045.docx

Download (291kB)
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memaparkan bahwa penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik lebih efektif untuk meningkatkan Kemampuan pemecahan masalah matematika dibandingkan denhan penerapan pendekatan pembelajaran konvensional pokok bahasan peluang siswa kelas XI SMK Maitreyawira Tanjungpinang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI Akutansi I sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Akutansi II sebagai kelas kontrol yang ditentukan dengan teknik sampling purposive. Pada kelas eksperimen, pembelajarannya dengan penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik sedangkan pada kelas kontrol dengan penerapan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berbentuk uraian dan observasi pembelajaran. Hasil rata-rata gain posttest kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik 0,44 sedangkan rata-rata gain posttest kelas kontrol dengan penerapan pembelajaran konvensional sebesar 0,26. Dari hasil analisis data pada uji Mann Whitney U menunjukkan hasil signifikansi sebesar 0,000 dengan α=0,05. Oleh karena 0,000 < 0,05 maka terjadi tolak H0 dan terima H1, yang berarti bahwa penerapan pendekatan pendidikan matematika realisitk lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dibandingkan dengan penerapan pendekatan pembelajaran di kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dibandingkan dengan penerapan pendekaan pembelajaran konvensional pokok bahasan peluang siswa kelas XI SMK Maitreyawira Tanjungpinang.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: JULIANA juli badrun
Date Deposited: 21 Aug 2018 03:58
Last Modified: 21 Aug 2018 03:58
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/1298

Actions (login required)

View Item View Item