PENGGUNAAN METODE QUANTUM TEACHING DENGAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI BARISAN KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI TANJUNGPINANG

Badriah, Ismi PENGGUNAAN METODE QUANTUM TEACHING DENGAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI BARISAN KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI TANJUNGPINANG. PENGGUNAAN METODE QUANTUM TEACHING DENGAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI BARISAN KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI TANJUNGPINANG. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
ISMI BADRIAH-140384202004-FKIP-2018.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan nilai rata-rata tes pemahaman konsep matematis antara siswa yang menggunakan metode quantum teaching dengan mind mapping dan siswa yang menggunakan metode konvensional serta mengetahui penggunaan metode quantum teaching dengan mind mapping dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis pada materi barisan kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Tanjungpinang. Jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Tanjungpinang, sedangkan sampel siswa kelas XI AGAMA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI AGAMA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian angket respon dan tes pemahaman konsep. Teknik analisis yang digunakan adalah n-gain untuk melihat besarnya peningkatan pemahaman konsep pada kelas sampel dan independent sample t-test untuk menganalisis perbedaan peningkatan pemahaman konsep pada kelas eksperimen dan kontrol. Analisis data dilakukan dengan bantuan program Winstep dan IBM SPSS 22.0 for windows. Hasil analisis kuantitatif diperoleh bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan peningkatan pemahaman konsep yang signifikan dengan rata-rata gain kelas eksperimen sebesar 0,6482 dan kelas kontrol sebesar 0,4204, menunjukkan pemahaman konsep matematis menggunakan metode quantum teaching dengan mind mapping lebih baik daripada menggunakan metode konvensional. Hasil analisis angket respon pada kelas eksperimen diperoleh bahwa 13 dari 15 butir pernyataan angket mendapat respon ≥ 3,000, menunjukkan penggunaan metode quantum teaching dengan mind mapping mendapat respon postif dari siswa dalam meningkatakan pemahaman konsep matematis.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: Ismi Badriah
Date Deposited: 14 Aug 2018 07:31
Last Modified: 14 Aug 2018 07:31
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/1431

Actions (login required)

View Item View Item