Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Perbandingan Melalui Penerapan Pendekatan PMR Di Kelas VII-5 MTs Negeri Tanjungpinang

Anggriani, Lisa Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Perbandingan Melalui Penerapan Pendekatan PMR Di Kelas VII-5 MTs Negeri Tanjungpinang. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Perbandingan Melalui Penerapan Pendekatan PMR Di Kelas VII-5 MTs Negeri Tanjungpinang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Lisa Anggriani-140384202037-FKIP-2018.pdf

Download (459kB) | Preview
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelttian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII-5 MTs Negeri Tanjungpinang pada materi perbandingan dengan penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi pelaksanaan pembelajaran matematika dengan penerapan pendekatan PMR, tes kemampuan pemahaman konsep matematis, catatan lapangan dan dokumentasi. Data hasil observasi, catatan lapangan dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif. Data hasil tes dianalisis secara kunatitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatakan PMR dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dengan peningkatan persentase indikator pemahaman konsep matematis siswa yang mencapai kategori baik, yaitu: 57,14% pada siklus I menjadi 71,43% pada siklus II. Sedangkan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar mengalami peningkatan. sebesar 14% dari siklus I ke siklus II, yaitu dari siklus I sebesar 58% dan meningkat menjadi 72% pada siklus II.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: Lisa Anggriani
Date Deposited: 13 Aug 2018 01:38
Last Modified: 13 Aug 2018 01:38
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/1479

Actions (login required)

View Item View Item