PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAKEM TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BINTAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Saldi, Riren Septina (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAKEM TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BINTAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAKEM TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BINTAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018.

[img]
Preview
Text
PDF E - JOURNAL SKRIPSI RIREN.pdf

Download (142kB) | Preview
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model pembelajaran pakem terhadap kemampuan membaca intensif siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bintan. Alasan mengambil judul tersebut karena berdasarkan pengalaman peneliti selama praktik mengajar di SMP Negeri 3 Bintan peneliti menemukan kurangnya minat baca terhadap siswa. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk mengangkat masalah tersebut ke dalam skripsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini adalah deskriptif analisis. Untuk mendapatkan data, peneliti menggunakan desain One Group Pretest-Posttest. Prosedur penelitian ini adalah (1) tahap pretest, (2) postest. Untuk prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga yaitu: (1) melakukan pretest, prosedur pengumpulan data sebelum Diterapkan model pembelajaran Pakem, (2) melakukan proses pembelajaran dengan penerapan model pakem, (3) selanjutnya mengadakan postest. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis memperoleh temuan ada perbedaan hasil kemampuan membaca intensif siswa antara siswa yang dilatih dengan model pembelajaran Pakem (setelah perlakuan) dengan siswa yang hasil kemampuan membaca intensif tidak diberi perlakuan dengan model pembelajaran Pakem (Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan), ternyata d.b sebesar 44 itu diperoleh besarnya “t” dalam hitungan nilai tt15% = 0,05 sedangkan (t0 = 2,855) maka dapat diketahui bahwa t0 adalah lebih besar dari pada tt; yaitu dengan taraf signifikan : 0,05 < 2,855 >1,697. Karena t0 lebih besar dari tt sehingga H0 ditolak Ha diterima. Kata Kunci: Model Pembelajaran PAKEM dan Kemampuan Membaca Intensif

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Riren Septina Saldi
Date Deposited: 14 Aug 2018 09:55
Last Modified: 14 Aug 2018 09:55
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/1489

Actions (login required)

View Item View Item