EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAHIRAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA FABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 SATAP TANJUNGPINANG

Trianingsih, Riska EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAHIRAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA FABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 SATAP TANJUNGPINANG. Efektivitas penerapan model group investigation terhadap kemahiran menceritakan kembali isi cerita fabel siswa kelas VII SMP N 13 Satap Tanjungpinang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
RISKA TRIANINGSIH-140388201064-FKIP-2018.pdf

Download (473kB) | Preview
Official URL: hhtp:/fkip.umrah.ac.id

Abstract

ABSTRAK Riska Trianingsih,140388202064. Efektivitas penerapan model group investigation terhadap kemahiran menceritakan kembali isi cerita fabel siswa kelas VII SMP N 13 Satap Tanjungpinang. Skripsi, Tanjungpinang, Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, Universitas Raja Ali Haji. Pembimbing I: Legi Elfitra, M.Pd. Pembimbing II: Titik Dwi Ramthi Hakim, M.Pd. Kata kunci: Kemahiran Berbicara, Fabel, Model Group investigation. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model group investigation terhadap kemahiran menceritakan kembali isi cerita fabel siswa kelas VII SMP N 13 Satap Tanjungpinang. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII Satap Tanjungpinang Tahun Ajaran 2017/2018 SMP N 13 Satap Tanjungpinang yang berjumlah 43 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampel total dimana seluruh populasi dijadikan sampel dimana terdapat kelas A 22 siswa dan kelas B 21 siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain the one-group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbicara. Teknik analisis data menggunakan uji persyaratan dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan terhadap hasil belajar dengan menggunakan model group investigation di materi menceritakan kembali isi ceriita fabel. Bedasarkan hasil uji hipotesis didapatkan nilai t-hitung 4,03 hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak. Ini berarti dapat disimpulkan bahwa model group investigation mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan efektif digunakan dalam pembelajaran diSMP N 13 Satap Tanjungpinang. Saran untuk kegiatan ini, agar digunakan model group investigation dalam pembelajaran menceritakan kembali isi cerita fabel.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Riska Trianingsih
Date Deposited: 14 Aug 2018 06:37
Last Modified: 14 Aug 2018 06:37
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/1496

Actions (login required)

View Item View Item