EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA BLOK ALJABAR PADA MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM DI KELAS IX MTs NEGERI TANJUNGPINANG TAHUN 2017/2018

Dewi, Desma Bucika and Perdana, Sukma Adi and Rahmatina, Desi EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA BLOK ALJABAR PADA MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM DI KELAS IX MTs NEGERI TANJUNGPINANG TAHUN 2017/2018. EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA BLOK ALJABAR PADA MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM DI KELAS IX MTs NEGERI TANJUNGPINANG TAHUN 2017/2018. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
DESMA BUCIKA DEWI-140384202006-FKIP-2018.pdf

Download (546kB) | Preview
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan penggunaan alat peraga blok aljabar menggunakan model pembelajaran PAIKEM lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep siswa pada materi faktorisasi suku aljabar dan mengetahui efektifitas penggunaan blok aljabar dengan model pembelajaran PAIKEM terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi faktorisasi suku aljabar di kelas IX MTs Negeri Tanjungpinang. Alasan mengambil judul tersebut karena lemahnya kemampuan pemahaman siswa terhadap konsep aljabar sehingga guru sedikit sulit untuk membuat siswa paham terhadap konsep suatu materi yang menuntut siswa untuk berpikir abstrak seperti materi faktorisasi suku aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode penelitian quasi experiment. Untuk mendapatkan data, peneliti menggunakan instrumen tes berupa pretest dan posttest dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs Negeri Tanjungpinang. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling diperoleh kelas eksperimen IX.3 dan kelas kontrol IX.6. Proses analisis data dilakukan dalam 3 tahap yaitu analisis uji instrumen tes, analisis tahap awal dan analisis tahap akhir. Pada pengujian hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh thitung sebesar - 9,13 kemudian t tabel yaitu 2,01 dengan dk = (28+27) – 2 = 53 dan taraf signifikan 5% sehingga dapat diketahui bahwa t hitung < ttabel . Maka H 0 diterima dan H a ditolak. Hal tersebut berarti bahwa pembelajaran matematika dengan penggunaan alat praga blok aljabar menggunakan model PAIKEM tidak lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep siswa pada materi faktorisasi suku aljabar. Ketidakefektifan tersebut terjadi disebabkan oleh beberapa faktor baik faktor internal maupun eksternal.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: DESMA BUCIKA DEWI
Date Deposited: 13 Aug 2018 01:36
Last Modified: 13 Aug 2018 01:36
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/1527

Actions (login required)

View Item View Item