PENGARUH PUBLIC SERVICE MOTIVATION TERHADAP WORK-OUTCOME PEGAWAI DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA TANJUNGPINANG

TRI MEGI, PURNOMO PENGARUH PUBLIC SERVICE MOTIVATION TERHADAP WORK-OUTCOME PEGAWAI DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA TANJUNGPINANG. PENGARUH PUBLIC SERVICE MOTIVATION TERHADAP WORK-OUTCOME PEGAWAI DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA TANJUNGPINANG. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
TRI MEGI PURNOMO-110563201170-FISIP-2018.pdf

Download (428kB) | Preview

Abstract

Pegawai negeri sipil merupakan orang-orang pilihan yang diharapkan dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab mereka untuk melayani masyarakat dengan prima. Adanya citra negatif mengenai pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah dalam hal ini pegawai negeri sipil bisa dikaitkan dengan tinggi atau rendahnya motivasi pelayanan publik atau public service motivation (PSM) pada saat mereka direkrut dan bahkan setelah mereka menjadi pegawai negeri sipil. Motivasi pelayanan publik atau yang sering disebut dengan public service motivation (PSM) dapat didefinisikan sebagai kecenderungan individual untuk merespon terhadap motif-motif dasar yang unik dalam suatu institusi dan organisasi publik. Orang-orang yang bekerja di sektor pelayanan publik memiliki ketertarikan dan motivasi tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Public Service Motivation Terhadap Work-Outcome Pegawai Di Lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian Kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah pegawai pada Pemerintah Kota Tanjungpinang. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara Public Service Motivation terhadap Kepuasan Kerja dimana setiap adanya peningkatan terhadap public service motivation maka akan memberikan peningkatan terhadap kepuasan kerja sebesar 56,7%. Selanjutnya pengaruh yang signifikan juga diberikan Public Service Motivation terhadap Kinerja dimana hasil penelitian membuktikan bahwa setiap peningkatan dari public service motivation akan memberikan peningkatan terhadap Kinerja sebesar 76,8%. Dan hipotesis akhir dalam penelitian ini membuktikan dari nilai r square dimana adanya pengaruh yang signifikan antara public service motivation terhadap work outcome, dimana hasil pengujian koefisien determinasi menunjukkan bahwa adanya pengaruh sebesar 75,3 % antara public service motivation terhadap work outcome. Kata Kunci : Public Service Motivation, Kepuasan Kerja, Kinerja, Work Outcome

Item Type: Article
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JF Political institutions (General)
Division: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Tri Megi Purnomo
Date Deposited: 21 Aug 2018 04:00
Last Modified: 21 Aug 2018 04:00
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/1600

Actions (login required)

View Item View Item