Identifikasi Tingkat Miskonsepsi Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Tanjungpinang Pada Materi Ikatan Kimia

Manalu, Talia and Khoirunnisa, Fitriah and Adriani, Nina Identifikasi Tingkat Miskonsepsi Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Tanjungpinang Pada Materi Ikatan Kimia. Respository UMRAH. ISSN 130363201024 (Submitted)

[img]
Preview
Text
artikel ilmiah (1).pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik dapat menghambat ketercapaian tujuan pembelajaran selanjutnya yang akan dipelajari peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana tingkat miskonsepsi dan penyebabnya pada peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Tanjungpinang pada materi pokok ikatan kimia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, berbentuk studi kasus. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 2 SMA Negeri 2 Tanjungpinang yang berjumlah 34 siswa, dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes tertulis two-tier diagnostic berjumlah 14 butir soal yang mencakup 7 (tujuh) sub konsep ikatan kimia. Pada penelitian ini tingkat pemahaman peserta didik digolongkan ke dalam empat kategori. Hasil dari penelitian ini didapati persentase peserta didik pada kategori “Memahami” sebesar, 27,17%, kategori “Miskonsepsi” 31,68%, kategori “Menebak” 11,40% dan kategori “Tidak Memahami” sebesar 29,63%, sehingga miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik SMA Negeri 2 Tanjungpinang termasuk tingkat miskonsepsi “sedang” dengan persentase miskonsepsi sebesar 31,68%. Persentase miskonsepsi tertinggi adalah pada sub konsep pengecualian dan kegagalan aturan oktet yaitu sebesar 47,36 %.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Division: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: S.Pd Talia Manalu
Date Deposited: 14 Aug 2018 02:02
Last Modified: 14 Aug 2018 02:02
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/1623

Actions (login required)

View Item View Item