BAURAN PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PT. X

Reni, Kartika and Lia, Suprihartini and Firmansyah, Kusasi BAURAN PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PT. X. BAURAN PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PT. X.

[img]
Preview
Text
RENI KARTIKA-140461201017-FE-2018.pdf

Download (777kB) | Preview
Official URL: https://fe.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah PT Pegadaian Persero Cabang Bukit Bestari Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 97 nasabah. Dalam penelitian ini, teknik yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan bantuan SPSS. Hasil pengujian regresi menujukkan: (a) Jika variabel bauran pemasaran mengalami peningkatan satu satuan, maka loyalitas akan mengalami peningkatan (13,7%); dan (b) Jika variabel kualitas pelayanan mengalami peningkatan satu satuan, maka loyalitas akan mengalami peningkatan (11,0%). Berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa seluruh variabel berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas nasabah. Hasil pengujian menunjukkan: (1) Bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, dibuktikan dengan memiliki nilai sig. 0,000 < 0,05, diperoleh nilai t-hitung sebesar 14,143 > t-tabel sebesar 1,66105 dan koefisien beta sebesar 0,137. (2) Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, dibuktikan dengan memiliki nilai sig. 0,000 < 0,05 dan diperoleh nilai t-hitung sebesar 5,944 > t-tabel sebesar 1,66105 dan koefisien beta sebesar 0,110. (3) Bauran pemasaran dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah PT Pegadaian Persero Cabang Bukit Bestari Tanjungpinang diperoleh nilai F-hitung sebesar 139.935 > nilai F-tabel sebesar 2,36 dengan signifikansi 0,000. (4) Besar pengaruh bauran pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap nasabah PT Pegadaian Persero Cabang Bukit Bestari Tanjungpinang (Adjusted R2) adalah sebesar 74,3%. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Kualitas Pelayanan, dan Loyalitas

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Division: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Humanities
Depositing User: Reni Kartika Kartika
Date Deposited: 14 Aug 2018 01:37
Last Modified: 14 Aug 2018 01:37
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/1691

Actions (login required)

View Item View Item