Reni, kartika and Lia, Suprihartini and Firmansyah, Kusasi BAURAN PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PT. X. BAURAN PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PT. X.
|
Text
Reni Kartika-140461201017-FE-2018.pdf Download (784kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah PT Pegadaian Persero Cabang Bukit Bestari Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 97 nasabah. Dalam penelitian ini, teknik yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan bantuan SPSS. Hasil pengujian regresi menujukkan: (a) Jika variabel bauran pemasaran mengalami peningkatan satu satuan, maka loyalitas akan mengalami peningkatan (13,7%); dan (b) Jika variabel kualitas pelayanan mengalami peningkatan satu satuan, maka loyalitas akan mengalami peningkatan (11,0%). Berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa seluruh variabel berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas nasabah. Hasil pengujian menunjukkan: (1) Bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, dibuktikan dengan memiliki nilai sig. 0,000 < 0,05, diperoleh nilai t-hitung sebesar 14,143 > t-tabel sebesar 1,66105 dan koefisien beta sebesar 0,137. (2) Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, dibuktikan dengan memiliki nilai sig. 0,000 < 0,05 dan diperoleh nilai t-hitung sebesar 5,944 > t-tabel sebesar 1,66105 dan koefisien beta sebesar 0,110. (3) Bauran pemasaran dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah PT Pegadaian Persero Cabang Bukit Bestari Tanjungpinang diperoleh nilai F-hitung sebesar 139.935 > nilai F-tabel sebesar 2,36 dengan signifikansi 0,000. (4) Besar pengaruh bauran pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap nasabah PT Pegadaian Persero Cabang Bukit Bestari Tanjungpinang (Adjusted R2) adalah sebesar 74,3%. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Kualitas Pelayanan, dan Loyalitas
Actions (login required)
![]() |
View Item |