HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP N 3 BINTAN TAHUN AJARAN 2015/2016

HAMONANGAN, ANDRE HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP N 3 BINTAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Hubungan Antara Gaya Belajar dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP N 3 Bintan Tahun Ajaran 2015/2016. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
HAMONANGAN-110388201037-FKIP-2018.pdf

Download (812kB) | Preview
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id/

Abstract

Gaya belajar yang dimiliki siswa sering disebut modalitas belajar siswa. Gaya belajar merupakan suatu kombinasi dari bagaimana ia menyerap, dan kemudian mengatur serta mengolah informasi. Terdapat tiga gaya belajar seseorang yaitu visual (cenderung belajar melalui apa yang mereka lihat), auditorial (belajar melalui apa yang mereka dengar), dan kinestetik (belajar memalui gerak dan sentuhan). Meskipun gaya belajar yang dimiliki berbeda-beda, namun tujuan yang hendak dicapai tetap sama yaitu guna mencapai tujuan pembelajaran dan mencapai prestasi belajar yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai hubungan gaya belajar dan prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Bintan Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Bintan Timur kelas VIII berjumlah 140 org dan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 65 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan mengumpulkan data primer berupa kuesioner. Metode dalam penilitian ini peneliti menggunakan probabilty sampling. Keseluruhan data yang diperoleh diolah dengan menggunakan SPSS 19 dengan Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel gaya belajar yang diproksi dari auditorial dan kinestetik terbukti memiliki hubungan signifikan terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Bintan Timur. Sementara variabel gaya belajar visual terbukti tidak memiliki hubungan yang signifikan. Secara bersama-sama gaya belajar dalam penelitian ini terbukti memiliki terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia. Kata kunci: Gaya Belajar, Prestasi Belajar Bahasa Indonesia

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Hamonangan Andre Samuel
Date Deposited: 15 Aug 2018 02:25
Last Modified: 15 Aug 2018 02:25
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/1878

Actions (login required)

View Item View Item