TRANSPARANSI PELAYANAN PADA KANTOR KELURAHAN TANJUNG AYUN SAKTI KOTA TANJUNGPINANG TAHUN 2017 (Studi Kasus Transparansi Pelayanan KTP dan KK)

EKA, SRIWAHYUNI (2018) TRANSPARANSI PELAYANAN PADA KANTOR KELURAHAN TANJUNG AYUN SAKTI KOTA TANJUNGPINANG TAHUN 2017 (Studi Kasus Transparansi Pelayanan KTP dan KK). TRANSPARANSI PELAYANAN PADA KANTOR KELURAHAN TANJUNG AYUN SAKTI KOTA TANJUNGPINANG TAHUN 2017 (Studi Kasus Transparansi Pelayanan KTP dan KK).

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dalam konsep pelayanan, transparansi atau keterbukaan merupakan hal penting untuk diperhatikan karena untuk menimbulkan kepuasan dalam pelayanan terutama didalam prosedur dan biaya pelayanan agar pelayanan yang diberikan tidak membuat suatu ketertutupan didalam pengurusan-pengurusan pelayanan tersebut sehingga penerima pelayanan atau penerima service merasakan dan mendapatkan pelayanan yang seadil-adilnya. Tujuan penelitian ini pada dasarnya adalah untuk mengetahui transparansi pelayanan pada Kantor Kelurahan Tanjung Ayun Sakti Kota Tanjungpinang. Penelitian ini berseifar deskriptif kualitatif yang mana nantinya akan mencari fakta-fakta sesuai dengan ruang lingkup judul penelitian, kemudian dipaparkan secara jelas guna memberikan gambaran tentang adanya suatu fenomena sosial. Dalam penelitian ini sampelnya terdiri dari 10 orang yang mana teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik Insidental Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Setelah dilakukan penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Transparansi Pelayanan Pada Kantor Kelurahan Tanjung Ayun Sakti Kota Tanjungpinang masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti membuat papan persyaratan, alur prosedur yang berisi biaya dan waktu penyelesaian setiap pengurusan. Jika terjadi keterlambatan terhadap penyelesaian maka haruslah diinformasikan terlebih dahulu. Begitu juga dengan biaya jika ada perubahan dengan biaya yang harus dikeluarkan masyarakat maka harus terlebih dahulu dijelaskan kepada masyarakat Adapun saran yang dapat dibuat yakni perlu adanya papan alur yang berisi prosedur pelayanan yang di publikasikan ditempat-tempat bagian pelayanan di Pada Kantor Kelurahan Tanjung Ayun Sakti Kota Tanjungpinang agar masyarakat tidak kesulitan dan tidak bertanya berulang kali kepada pegawai. Perlunya perbaikan sarana dan prasana pada Pada Kantor Kelurahan Tanjung Ayun Sakti Kota Tanjungpinang Seluruh pegawai hendaknya bekerja sesuai dengan standar yang ada yaitu melayani masyarakat dengan baik dengan bahasa yang baik, berpakaian rapi dan lengkap sehingga masyarakat mudah mengenali dan harusnya ada dibuat papan berisi peraturan kepastian waktu dan biaya terhadap setiap pengurusan di Pada Kantor Kelurahan Tanjung Ayun Sakti Kota Tanjungpinang yang sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kata Kunci : Trasparansi, Pelayanan

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Division: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Art
Depositing User: EKA SRIWAHYUNI
Date Deposited: 21 Aug 2018 04:04
Last Modified: 21 Aug 2018 04:04
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/2159

Actions (login required)

View Item View Item