Efektivitas Penerapan Metode Inquiry pada Kemahiran Menulis Teks Puisi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Al-Kautsar Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2017/2018

Mohammad, Randi Zulfikar Efektivitas Penerapan Metode Inquiry pada Kemahiran Menulis Teks Puisi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Al-Kautsar Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2017/2018. Efektivitas Penerapan Metode Inquiry pada Kemahiran Menulis Teks Puisi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Al-Kautsar Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2017/2018. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
MOHD RANDI ZULFIKAR-140388201060-FKIP-2018.pdf

Download (676kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas kemahiran menulis Teks Puisi Siswa Kelas VIII SMP Al-Kautsar Tanjungpinang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga, yaitu; (1) kemahiran menulis , (2) puisi (3) efektivitas penerapan metode inquiry dalam pembelajaran menulis teks puisi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang diterapkan adalah kuantitatif. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest. Prosedur penelitan ini adalah (1) tahap pretest, (2) postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa VIII SMP Al-Kautsar Tanjungpinang. Jumlah seluruh siswa kelas VIII 36 siswa, terdaftar pada tahun ajaran 2017-2018. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Al-Kautsar Tanjungpinang yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga yaitu: (1) melakukan pretes, prosedur pengumpulan data sebelum Diterapkan metode inquiry, (2) melakukan proses pembelajaran dengan penerapan metode inquiry, (3) mengadakan postest. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh simpulan sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP Al-Kautsar Tanjungpinang sebelum diterapkan metode inquiry berada pada kualifikasi “Cukup baik” dengan nilai 55.91. Kedua, keterampilan menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP Al-Kautsar Tanjungpinang sesudah diterapkan metode inquiry berada pada kualifikasi “sangat baik” dengan nilai 84.11. Ketiga, penerapan metode inquiry sangat efektiv secara signifikan pada rata-rata nilai keterampilan menulis menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP Al-Kautsar Tanjungpinang yaitu 14,63 > 1,70 dengan taraf signifikan 0,95 dan derajat kebebasan n-2. Kata Kunci : Puisi, Imaji, Majas dan Kata Kongret.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mohammad zulfikar randi
Date Deposited: 21 Aug 2018 04:04
Last Modified: 21 Aug 2018 04:04
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/2241

Actions (login required)

View Item View Item