PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI,VISUAL, DAN INTELEKTUAL DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL PADA MATERI TEKS PROSEDUR KOMPLEKS KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Anggara Dwika Meilando, Angga PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI,VISUAL, DAN INTELEKTUAL DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL PADA MATERI TEKS PROSEDUR KOMPLEKS KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI,VISUAL, DAN INTELEKTUAL DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL PADA MATERI TEKS PROSEDUR KOMPLEKS KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. (Unpublished)

[img] Text
EJURNAL.docx

Download (28kB)
[img] Text (Plain text conversion conversion from text to text/plain)
EJURNAL.txt

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Dwika M. Anggara. 2017. Perbandingan Efektivitas Pendidikan Somatis, Auditori,Visual, Dan Intelektual dengan Pendekatan Konvensional Pada Materi Teks Prosedur Kompleks Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2016/2017. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pembimbing I: Dr. H. Abdul Malik, M.Pd. Pembimbing II: Harry Andheska, M.Pd. Kata Kunci: Pendekatan SAVI, Pendekatan Konvensional, Teks Prosedur Kompleks Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui perbedaan efektivitas pembelajaran materi teks prosedur kompleks antara siswa dengan menggunakan pendekatan SAVI dan siswa dengan menggunakan pendekatan konvensional yang ditinjau dari segi pemahan konsep dan berpikir kritis. Alasan peneliti mengambil judul skripsi “Perbandingan Efektivitas Pendidikan Somatis, Auditori,Visual, Dan Intelektual dengan Pendekatan Konvensional Pada Materi Teks Prosedur Kompleks Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2016/2017” karena sebelumnya siswa telah mempelajari pelajaran tersebut pada semester genap, namun hasilnya belum maksimal karena guru belum memiliki referensi alternatif metode pembelajaran, sehingga siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran teks prosedur kompleks. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Yang menggunakan populasi dan sampel yang diambil secara acak pada kelas XI yang berjumlah 157 siswa. Menjadi 40 siswa lalu dibagi dua kelas menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk mendapatkan data dalam skripsi, peneliti menggunakan metode soal post-tes. Berdasarkan aspek penilaian siswa yang kelas eksperimen menunjukan rata-rata 73,4 % dan rata-rata siswa kelas kontrol menunjukan 53,85%, dari perhitungan skor tersebut di uji t sehingga mendapatkan hasil t hitung (-2,2348389) ≤ t tabel (2,02439416). Hasil penelitian ini dengan menunjukkan bahwa capaian skor pemahan konsep dan berpikir kritis siswa terhadap materi pembelajaran teks prosedur kompleks dengan menggunakan pendekatan SAVI lebih tinggi dibandingkan dengan skor pemahan konsep dan berpikir kritis siswa menggunakan pendekatan konvensional. Kesimpulan penelitian, berdasarkan data melalui tes post-tes Perbandingan Efektivitas Pendidikan Somatis, Auditori,Visual, Dan Intelektual dengan Pendekatan Konvensional Pada Materi Teks Prosedur Kompleks Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Tanjungpinang hipotesis penelitian diterima karena H0 diterima jika thitung ≤ ttabel.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Unnamed user with email ANGGARADWIKA@GMAIL.COM
Date Deposited: 19 Feb 2018 08:43
Last Modified: 19 Feb 2018 08:43
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/228

Actions (login required)

View Item View Item