Interaksi Gamers Clash Of Clans Pada Clan Singkep Warrior Di Tanjungpinang

agus, virnanda Interaksi Gamers Clash Of Clans Pada Clan Singkep Warrior Di Tanjungpinang. Interaksi Gamers Clash Of Clans Pada Clan Singkep Warrior Di Tanjungpinang.

[img] Text
JURNAL.docx - Published Version

Download (39kB)

Abstract

Clash of Clans merupakan salah satu permainan yang saat ini popular dikalangan para pecinta gadget. Kelompok clan dalam permainan game online Clash of Clans merupakan suatu fitur keren yang terdapat pada game ini, dimana pemainnya dapat membuat kelompok untuk bermain bersama, berinteraksi, dan dapat saling membantu, inilah yang membuat game ini sangat seru untuk dimainkan. Clan Singkep Warrior adalah salah satunya, yang mana pada pembentukan clan ini, Sapardi sebagai orang yang mendirikan clan tersebut berniat untuk mengumpulkan para pemain game Clash of Clans pada satu kelompok, yang mana mereka yang berasal dari satu daerah yang sama, yaitu dari pulau Singkep, tepatnya para pemain game online Clash of Clans yang berasal dari Kabupaten Lingga. Dengan harapan agar terciptanya solidaritas yang lebih baik. Pada penelitian ini, peneliti mengambil sampel yang dijadikan informan sebanyak 9 orang anggota dari kelompok clan Singkep Warrior. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipasi dan wawancara. Peneliti melakukan analisa dengan menggunakan metode analisis kualitatif yang membahas tentang interaksi sosial gamers Clash of Clans di Tanjungpinang, yaitu pada clan Singkep Warrior. Tujuan dari penlitian ini adalah untuk mengetahui proses interaksi yang terjadi pada kelompok Singkep Warrior. Dalam hubungan antar anggota , proses kontak sosial yang bisa disebut dengan interaksi sosial memiliki dua jenis interaksi. Pertama bersifat asosiatif yang mana interaksi yang dilakukan pemain Clash of Clans pada kesatuan antar individu atau kelompok untuk mencapai tujuan tertentu. Kedua bersifat disosiatif yang menghasilkan hubungan sosial dalam bentuk persaingan (competion), kontravesi (contravention), dan pertikaian (conflict). Sedangkan pola prilaku yang timbul dari para pemain game Clash of Clans pada clan Singkep Warrior adalah terjadinya perubahan gaya hidup. Penggunaan waktu untuk bermain game online dengan tidak mengenal waktu bahkan tempat dan hal tersebut dilakukan secara terus-menerus dan berulang. Kata Kunci : Clash of Clans, Singkep Warrior, Interaksi Sosial, Pola Perilaku

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Division: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: agus virnanda
Date Deposited: 20 Feb 2018 06:34
Last Modified: 20 Feb 2018 06:34
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/229

Actions (login required)

View Item View Item