Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tanjungpinang

Norviafin, Bintan Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tanjungpinang. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tanjungpinang.

[img]
Preview
Text
Artikel E-Journal Bintan Norviafin.pdf

Download (595kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tanjungpinang. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto (kausal komparatif) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner dengan skala likert dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang metode mengajar guru dengan hasil belajar biologi dengan kontribusi sebesar 32,54% dari persepsi siswa tentang metode mengajar guru, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar biologi dengan kontribusi sebesar 14,46% dari motivasi belajar siswa, serta terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi dengan kontribusi sebesar 47%. Kata Kunci : Pengaruh, Persepsi, Metode Mengajar Guru, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Bintan Norviafin
Date Deposited: 15 Feb 2018 02:49
Last Modified: 15 Feb 2018 02:49
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/239

Actions (login required)

View Item View Item