Efektivitas Metode Index Card Match (ICM) Terhadap Kemahiran Menulis Puisi Siswa Kelas X Sekolah Menegah Kejuruan Managemet Training Systems Batam Tahun Pelajaran 2018/2019

Indriani, Christy Efektivitas Metode Index Card Match (ICM) Terhadap Kemahiran Menulis Puisi Siswa Kelas X Sekolah Menegah Kejuruan Managemet Training Systems Batam Tahun Pelajaran 2018/2019. Efektivas Metode Index Card Match (ICM) Terhadap Kemahiran Menulis Puisi SIswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Management Training Systems Batam Tahun Pelajaran 2018/2019. (Submitted)

[img]
Preview
Text
e jurnal Indri.pdf

Download (484kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Indriani, Christy. 2019. Efektivitas Metode Index Card Match (ICM) Terhadap Kemahiran Menulis Puisi Siswa Kelas X SMK Management Training Systems Batam Tahun Perlajaran 2018/2019, skripsi. Tanjungpinang: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universditas Maritim Raja Ali Haji. Pembimbing I: Legi Elfitra, M.Pd. Pembimbing II: Dian Lestari, M.A. Kata Kunci: Index Card Match (ICM), Kemahiran Menulis Puisi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Index Card Match (ICM) terhadap kemahiran menulis puisi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Nonequivalen Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Management Training Systems Batam yang tersebar ke dalam 3 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X Perhotelan yang terdiri dari 28 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Data yang diperoleh telah melalui uji homogenitas, uji normalitas, dan uji kesamaan rata-rata. Berdasarkan uji normalitas data pretest diketahui Lhitung = 0,22574 dan Ltabel = 0,227, yaitu Lhitung < Ltabel hal ini menunjukan bahwa data kelompok penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan perhitungan uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1 dan Ftabel = 2,54. Dengan demikian diperoleh Fhitung < Ftabel maka dinyatakan data Pretest mempunyai varians yang sama. Berdasarkan analisis hasil diperoleh Thitung = 5,2911 dan Ttabel = 1,706, yaitu Thitung > Ttabel. Hal ini menunjukan hipotesis (H0) dalam penelitian ini diterima, yang berarti bahwa metode Index card Match (ICM) efektif terhadap pembelajaran menulis puisi.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: ?? sch_edu ??
Depositing User: Christy Christy Indriani
Date Deposited: 20 Feb 2019 06:54
Last Modified: 20 Feb 2019 06:54
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/2417

Actions (login required)

View Item View Item