PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Silvia, Wulandari P and Fitriah, Khoirunnisa and Friska, Septiani Silitonga PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. (Unpublished)

[img] Text
SILVIA WULANDARI P_E-JOURNAL_FKIP_PENDIDIKANKIMIA_UMRAH.docx - Draft Version

Download (100kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Experiential Learning terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan kesetimbangan kimia. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan Posttest Only Control Group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel yang digunakan dalam peneltian ini adalah kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 3 yang dipilih dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Angket sebagai instrumen pengukuran dan soal posttest yang diberikan pada kelas kontrol dan eksperimen sebagai instrumen tes. Hasil analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 0,05 untuk uji dua arah. Dari hasil analisis data dalam penelitian ini diperoleh thitung=3,609>ttabel=2,032. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pada hasil belajar yang menggunakan model Experiential Learning pada materi kesetimbangan kimia di SMA Negeri 1 Tanjungpinang Tahun Ajaran 2017/2018. Kata kunci: Model Experiential Learning, Kesetimbangan Kimia, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Division: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Silvia Wulandari Pulungan
Date Deposited: 15 Feb 2018 07:30
Last Modified: 15 Feb 2018 07:30
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/244

Actions (login required)

View Item View Item