PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA SMP

DINNI, RINA RAHMA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA SMP. PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA SMP. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
RINA RAHMA DINNI- 140384202078- FKIP-2019.pdf

Download (735kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran problem based learning lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian pada pendekatan kuantitatif ini adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonrandomized Kontrol Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjungpinang. Penentuan sampel untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling. Pada kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelakaran PBL sedangkan kelompok kontrol diberikan perlakuan berupa pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data dipeoreh bahwa pembelajaran dengan penerapan pembelajaran PBL mempunyai peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, dimana rata-rata n-gain kelas eksperimen sebesar 0,58 dan kelas kontrol sebesar 0,38. Dari uji hipotesis dengan statistik parametik, yaitu Independent Sample T-Test dengan mengguanakan taraf signifikansi 0,05 diperoleh perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis yang signifikansi, yaitu nilai sig (1-tailed) = 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahawa penerapan pembelajaran PBL dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: rina rahma dinni
Date Deposited: 15 Apr 2019 01:39
Last Modified: 15 Apr 2019 01:39
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/2494

Actions (login required)

View Item View Item