EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR INTRINSIK NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Mira, Industri EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR INTRINSIK NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR INTRINSIK NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
MIRA-140388201015-FKIP-2019.pdf

Download (404kB) | Preview
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id

Abstract

ABSTRAK Industri, Mira. 2019. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together) Pada Kemampuan mengidentifikasi Unsur Intrinsik Naskah Drama Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang. Pembimbing :(I)Dra. Hj. Isnaini Leo Shanti, M.Pd. Pembimbing (II) Dian Lestari, M.A Kata Kunci : Model Pembelajaran Numbered Head Together, Kemampuan Indentifikasi, Unsur Intrinsik Naskah Drama. Tujuan penelitian ini untuk melihat ada atau tidaknya efektivitas model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) pada kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik naskah drama siswa kelas X1 Madrasah Aliyah Negeri Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2017/2018. Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik drama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Desain dan teknik dalam penelitian ini menggunakan desain one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes objektif. Untuk mengukur hasil tes tersebut, peneliti menggunakan rubrik penilaian, setelah itu data diolah untuk mengetahui nilai rata-rata kelas dengan rumus: ( x ) ̅=∑x/N dan dihitung persennya. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 siswa yang diambil dari kelas acak yang berjumlah 6 kelas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) untuk nilai pretest kemampuan mengindentifikasi unsur-unsur intrinsik naskah drama memperoleh kategori “rendah” hal tersebut dapat dilihat dari dari rata-rata nilai yaitu 53,52. Sedangkan nilai posttest siswa memperoleh kategori ”sangat tinggi”, hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata pada 38 orang siswa yaitu 87,52.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: mira industri
Date Deposited: 20 Feb 2019 06:53
Last Modified: 20 Feb 2019 06:53
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/2505

Actions (login required)

View Item View Item