EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TAI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINGKARAN KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 TANJUNGPINANG

Sari, Puspita EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TAI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINGKARAN KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 TANJUNGPINANG. EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TAI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINGKARAN KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 TANJUNGPINANG. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
PUSPITA SARI-140384202001-FKIP-2019..pdf

Download (521kB) | Preview
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan nilai rata-rata tes hasil belajar antara siswa yang menggunakan model TAI (Team Assited Individualization) dan siswa yang menggunakan model konvensional serta mengetahui bagaimana penggunaan model TAI (Team Assited Individualization dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persamaan lingkaran kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Tanjungpinang Tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa rata-rata gain kelas eksperimen yang menggunakan model TAI (Team Assited Individualization) lebih tinggi dari rata-rata gain kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Dimana rata-rata gain kelas eksperimen sebesar 0.587764 dan rata-rata gain kelas kontrol sebesar 0.381329. Selain itu berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan software SPSS diperoleh ouput pada kolom sig (2-tailed) dibagi 2 menunjukkan nilai sig < 0,0005.yang artinya, peningkatan hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan menggunakan model TAI (Team Assited Individualization) lebih tinggi dari pada yang memperoleh pembelajaran matematika dengan menerapkan model konvensional pada materi persamaan lingkaran kelas XI SMK Negeri 3 Tanjungpinang. Kata kunci: model pembelajaran TAI, hasil belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Puspita Sari
Date Deposited: 15 Apr 2019 01:39
Last Modified: 15 Apr 2019 01:39
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/2528

Actions (login required)

View Item View Item