PERUMUSAN STRATEGI PROMOSI PEMERINTAH DAERAH DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN (STUDI KASUS DI DINAS PARIWISATA KABUPATEN BINTAN)

Rahmayanti Agustian, Dwi PERUMUSAN STRATEGI PROMOSI PEMERINTAH DAERAH DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN (STUDI KASUS DI DINAS PARIWISATA KABUPATEN BINTAN). PERUMUSAN STRATEGI PROMOSI PEMERINTAH DAERAH DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN (STUDI KASUS DI DINAS PARIWISATA KABUPATEN BINTAN). (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Dwi Rahmayanti Agustian - 140563201050 - FISIP- 2019.pdf

Download (252kB) | Preview
Official URL: https://fisip.umrah.ac.id

Abstract

Tingkat kunjungan wisatawan yang tinggi tidak terlepas dari strategi pemerintah daerah dalam mempromosikan pariwisatanya. Strategi promosi wisata yang sudah dibuat dan dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata mampu menarik wisatawan untuk datang ke Kabupaten Bintan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk Mengetahui perumusan strategi promosi pemerintah daerah dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Bintan. Metode penelitian yang digunakan ialah dengan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Informan dalam penelitian ini dipilih melalui teknik purposive sampling, Informan dalam penelitian ini ada 4 orang. Teknik analisis data dari penelitian ini yaitu dengan mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan dan bahan-bahan lain Hasil penelitian ini yaitu : perumusan strategi pemerintah daerah dalam meningkatkan kunjungan masyarakat Dinas Pariwisata melakukan beberapa tahapan dalam merumuskan strategi dan menggunakan analisis lingkungan internal dan eksternal sebagai dasar dalam menentukan strategi promosi tersebut. Strategi yang dibuat dan telah dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan yaitu Strategi yang di buat dan telah dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan yaitu promosi wisata melalui media manual dan digital, melalui media manualyaitu Media cetak : Brosur dan Buku Highlight, melalui Digital yaitu Website dan media sosial : Facebook dan instagram, mengadakan event-event kepariwisataan bertaraf nasional dan internasional, mengadakan Famtrip (Familiatization Trip) dengan melibatkan travel agen, dan menjalin kerjasama dengan pihak lain Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Dinas Pariwisata melakukan beberapa tahapan dalam merumuskan strategi dan menggunakan analisis lingkungan internal dan eksternal sebagai dasar dalam menentukan strategi promosi tersebut, Dalam perumusan strategi ini melibatkan Bidang pemasaran wisata, Bidang atraksi dan ekonomi kreatif, Kepala Dinas dan sekertaris dalam merumuskan strategi dinas pariwisata telah mencapai tujuan dan sasaran yang ditentukan dan sesuai dengan visi dan misi Dinas Pariwisata. Saran peneliti untuk Dinas pariwisata yaitu Dinas Pariwisata diharapkan membuat TIC (Tourist Information Center) sebagai media penyalur informasi secara langsung di beberapa tempat yang akan dikunjungi banyak orang, agar wisatawan yang berkunjung mendapat informasi secara langsung dan dapat dibaca atau dilihat oleh siapapun yang berkunjung. Kata kunci : Strategi promosi, Perumusan Strategi, kunjungan wisatawan

Item Type: Article
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Division: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Dwi Rahmayanti
Date Deposited: 15 Apr 2019 01:40
Last Modified: 15 Apr 2019 01:40
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/2572

Actions (login required)

View Item View Item