PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CUPs UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BINTAN

Handayani, Fitri PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CUPs UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BINTAN. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CUPs UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BINTAN. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
FITRI HANDAYANI-140384202026-FKIP-2019.pdf

Download (577kB) | Preview
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran CUPs dengan yang memperoleh pembelajaran konvensional di SMP Negeri 1 Bintan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bintan tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah siswa 256 orang. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas sampel yang diambil dengan menggunakan teknik acak kelas, yaitu kelas VIII B dengan jumlah siswa 32 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C yang berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi dan tes pemahaman konsep matematis pada materi relasi dan fungsi. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata peningkatan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen sebesar 0,5418, sedangkan rata-rata peningkatan kelas kontrol sebesar 0,2728. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test pada taraf signifikansi 5% atau (α= 0,05), diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,000. Dalam penelitian ini menggunakan uji satu pihak (pihak kanan) diperoleh sig 0,000 dimana p-value < α, maka Ho ditolak. Hal ini berarti peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran CUPs lebih tinggi daripada yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Fitri Handayani
Date Deposited: 15 Apr 2019 01:40
Last Modified: 15 Apr 2019 01:40
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/2578

Actions (login required)

View Item View Item