Pengembangan Media Pembelajaran Couple Card Chemistry (3C) Berbasis Kemaritiman Pada Pokok Bahasan Koloid

Ariska, Novia Pengembangan Media Pembelajaran Couple Card Chemistry (3C) Berbasis Kemaritiman Pada Pokok Bahasan Koloid. Pengembangan Media Pembelajaran Couple Card Chemistry (3C) Berbasis Kemaritiman Pada Pokok Bahasan Koloid. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
novia_ariska.pdf

Download (413kB) | Preview
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul Pengembangan Media Pembelajaran Couple Card Chemistry (3C) berbasis kemaritiman pada pokok bahasan koloid bertujuan untuk 1) mengembangkan media pembelajaran 3C berbasis kemaritiman ; 2) mengetahui tingkat validitas media pembelajaran 3C; 3) tanggapan siswa dan guru terhadap media pembelajaran 3C berbasis kemaritiman yang dikembangkan. Media pembelajaran 3C berbasis kemaritiman ini mengacu pada permainan konvensional yaitu permainan domino. Permainan domino menjadi acuan pada pengembangan media ini karena sangat sesuai dengan materi koloid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitaif. Jenis penelitian ini menggunakan desain pengembangan 4D yang dilakukan melalui 4 (empat) tahap, yaitu (1) define, (2) design, (3) development, (4) desiminate, dalam penelitian ini hanya digunakan sampai tahap development. Pengumpulan data dilakukan di SMAN 6 Tanjungpinang dengan 1 orang guru kimia dan sebanyak 20 siswa.Berdasarkan hasil validasi dari kedua ahli diperoleh persentase yaitu 80% dengan kriteria layak, dan persentase tanggapan siswa dan guru terhadap media pembelajaran 3C berbasis kemaritiman yang dikembangkan masing-masing sebesar 73% dan 89,6% dengan kriteria baik dan sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat bahwa media pembelajaran 3C berbasis kemaritiman yang telah dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran materi koloid. Kata kunci : Couple Card Chemistry (3C), Media pembelajaran Koloid, Permainan Domino

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Novia Ariska
Date Deposited: 15 Apr 2019 01:40
Last Modified: 15 Apr 2019 01:40
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/2586

Actions (login required)

View Item View Item