PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS TEORI VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA TOPIK KOORDINAT KARTESIUS KELAS VIII SMP NEGERI 3 BINTAN

'Afifah, Dzuriyatil (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS TEORI VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA TOPIK KOORDINAT KARTESIUS KELAS VIII SMP NEGERI 3 BINTAN. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS TEORI VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA TOPIK KOORDINAT KARTESIUS KELAS VIII SMP NEGERI 3 BINTAN. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
DZURIYATIL 'AFIFAH-140384202027-FKIP-2019.pdf

Download (558kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan memecahkan masalah siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif berbasis teori Van Hiele lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Jenis penelitian pada penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Pada penelitian ini, populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bintan Tahun Ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 155 siswa. Sampel pada penelitian diambil menggunakan teknik simple random sampling, dengan kelas eksperimen adalah VIII E yang berjumlah 27 orang dan kelas kontrol adalah kelas VIII D yang berjumlah 27 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa lembar observasi, soal tes kemampuan memecahkan masalah serta angket pada topik koordinat kartesius. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata peningkatan kemampuan memecahkan masalah kelas eksperimen sebesar 0,57, sedangkan rata-rata peningkatan kelas kontrol sebesar 0,38. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test dengan = 0,05, diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,003 karena penelitian ini menggunakan uji satu pihak (pihak kanan) maka diperoleh p-value sebesar 0,0015 dimana p-value ≤ , maka Ho ditolak. Hal ini berarti peningkatan kemampuan memecahkan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif berbasis teori Van Hiele lebih tinggi daripada yang memperoleh pembelajaran secara konvensional.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Dzuriyatil 'Afifah
Date Deposited: 15 Apr 2019 01:40
Last Modified: 18 Oct 2019 01:52
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/2592

Actions (login required)

View Item View Item