PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINAT KELAS VIII SMP NEGERI 4 BINTAN

Yuliana, Wulan PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINAT KELAS VIII SMP NEGERI 4 BINTAN. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINAT KELAS VIII SMP NEGERI 4 BINTAN. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
WULAN YULIANA-140384202032-FKIP-2019.pdf

Download (449kB) | Preview
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi sistem koordinat kelas VIII SMP Negeri 4 Bintan yang menggunakan model pembelajaran examples non examples. Jenis penelitian yaitu quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bintan yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 72 siswa. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai sampel dengan menggunakan teknik acak kelas, yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol masing-masing berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar observasi dan tes pemahaman konsep pada materi sistem koordinat. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata peningkatan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen sebesar 0,4816, sedangkan rata-rata peningkatan kelas kontrol sebesar 0,3152. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test dengan = 0,05, diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,009 karena penelitian ini menggunakan uji satu pihak (pihak kanan) maka diperoleh p-value sebesar 0,0045 dimana p-value ≤ , maka Ho ditolak. Hal ini berarti peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model examples non examples lebih tinggi daripada yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: Wulan Yuliana
Date Deposited: 18 Feb 2019 04:23
Last Modified: 18 Feb 2019 04:23
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/2595

Actions (login required)

View Item View Item