Validitas Pengembangan LKS Berorientasi Discovery Learning Pada Materi Sistem Eksresi Manusia Kelas XI

Fitriani, fitriani Validitas Pengembangan LKS Berorientasi Discovery Learning Pada Materi Sistem Eksresi Manusia Kelas XI. Validitas Pengembangan LKS Berorientasi Discovery Learning Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas XI.

[img]
Preview
Text
FITRIANI-140384205072-FKIP-2019 (REPOSITORY).pdf

Download (592kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk LKS berorientasi discovery learning yang valid sebagai bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran pada materi sistem ekskresi manusia kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berorientasi discovery learning valid digunakan dalam kegiatan proses pembelajaran dibuktikan berdsarkan penilaian dari beberapa validator yang ahli dalam bidangnya. Validator LKS berorientasi discovery learning terdiri dari tiga orang yaitu dua ahli materi dari dosen pendidikan biologi UMRAH dan guru bidang studi biologi dari SMA Negeri 6 Tanjungpinang, sementara ahli media dari dosen pendidikan biologi UMRAH. Berdasarkan penilaian dari kedua ahli materi yang terdiri dari tiga aspek penilaian yaitu cakupan materi, inovasi penyajian materi, dan kesesuaian LKS berorientasi discovery learning memperoleh persentase sebesar 81,25% dengan kriteria valid. Penilaian untuk ahli media yang terdiri dari dua aspek penilaian yaitu kegrafikan dan penyajian LKS memperoleh persentase sebesar 87,50% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media didapati hasil rata-rata persentase 83,66% yang termasuk dalam kriteria valid. Dari hasil keseluruhan dapat diperoleh kesimpulan bahwa LKS berorientasi discovery learning yang telah dikembangkan sudah valid atau layak digunakan dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Fitri ani
Date Deposited: 15 Apr 2019 01:41
Last Modified: 15 Apr 2019 01:41
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/2638

Actions (login required)

View Item View Item