Analisis Soal Ujian Akhir Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017 Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Kelas X dan XI Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 3 Tanjungpinang

Oktavianti, Fani Sonia (2018) Analisis Soal Ujian Akhir Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017 Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Kelas X dan XI Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 3 Tanjungpinang. Analisis Soal Ujian Akhir Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017 Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Kelas X dan XI Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 3 Tanjungpinang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
E Journal Fani Sonia Oktavianti.pdf - Draft Version

Download (632kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketepatan soal ujian akhir semester genap kelas X dan XI di SMA Negeri 3 Tanjungpinang dari segi empirik, yaitu validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan efektivitas pengecoh, untuk mengetahui kesesuaian soal dengan dimensi kognitif Taksonomi Bloom Revisi, dan keseuaian soal dengan dimensi pengetahuan Taksonomi Bloom Revisi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan objek penelitian adalah soal Ujian Akhir Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017 Kelas X dan XI Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 3 Tanjungpinang. Analisis soal berdasarkan segi empirik menggunakan bantuan program Anates V4. Sedangkan analisis data berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi dilakukan secara manual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal Ujian Akhir Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017 kelas X dan XI dilihat dari segi empirik tergolong kedalam soal yang berkualitas baik namun perlu peningkatan sehingga soal akan menjadi lebih tepat dalam mengukur apa yang akan diukur. Sedangkan hasil analisis soal berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi dimensi kognitif pada kelas X masih perlu peningkatan karena masih didominasi oleh C2 saja. Pada kelas XI, soal sudah sangat baik karena sudah bervariasi sampai tingkatan C5 dan didominasi oleh tingkatan C4. Berdasarkan dimensi pengetahuan didominasi keduanya masih didominasi oleh dimensi pengetahuan faktual dan konseptual.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Taksonomi Bloom Revisi, Analisis soal
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Fani Sonia Oktavianti otii
Date Deposited: 15 Feb 2018 07:29
Last Modified: 15 Feb 2018 07:29
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/264

Actions (login required)

View Item View Item