PENGARUH INOVASI PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI KANTOR POS INDONESIA KOTA TANJUNGPINANG

DUWILANDRIYANI, DUWILANDRIYANI PENGARUH INOVASI PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI KANTOR POS INDONESIA KOTA TANJUNGPINANG. PENGARUH INOVASI PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI KANTOR POS INDONESIA KOTA TANJUNGPINANG. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
DUWILANDRIYANI-140563201067-FISIP-2019.pdf

Download (438kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Pengaruh Inovasi Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Kantor Pos Indonesia Kota Tanjungpinang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh inovasi pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Kantor Pos Indonesia Kota Tanjungpinang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan kuesioner atau angket. Pengambilan data dilakukan dengan metode Accidental sampling dengan total sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah Regresi Linear Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara inovasi pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Kantor Pos Indonesia Kota Tanjungpinang. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan Uji Parsial (Uji t) dengan taraf signifikansi 5 % yaitu 0,000˂0,05, sehingga diperoleh t hitung ˃ t tabel yaitu 10,303 ˃ 1,985. Berdasarkan nilai tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Hipotesis alternatif diterima. Dari hasil Koefisien Determinasi (R) ditemukan bahwa pengaruh inovasi pelayanan seperti penggunaan teknologi, interaksi dengan pelanggan, pengembangan layanan baru dan sistem pengiriman layanan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 52%. Hal ini membuktikan bahwa pengaruh inovasi pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sesuai dengan interval koefisien yaitu 0,40 - 0,599 yang masuk dalam kategori sedang. Sedangkan sisanya sebesar 48% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Inovasi Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Division: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: DUWILANDRIYANI DUWILANDRIYANI
Date Deposited: 15 Apr 2019 01:41
Last Modified: 15 Apr 2019 01:41
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/2652

Actions (login required)

View Item View Item