PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PMRI PADA KELAS VII SMP NEGERI 12 TANJUNGPINANG

Aruan, Iin Yuliana PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PMRI PADA KELAS VII SMP NEGERI 12 TANJUNGPINANG. PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PMRI PADA KELAS VII SMP NEGERI 12 TANJUNGPINANG. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
IIN YULIANA ARUAN-140384202051-FKIP-2019.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui penerapan pendekatan PMRI pada kelas VII SMP Negeri 12 Tanjungpinang. Hasil penelitian ini diperoleh dengan cara mengukur peningkatan yang terjadi di kelas yang diberi perlakuan PMRI dan kelas dengan pembelajaran konvensional. Setelah diperoleh hasil peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa, peneliti kemudian membandingkannya untuk melihat peningkatan yang lebih tinggi.Penelitan ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian kuasi ekepserimen berbentuk The Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12 Tanjungpinang. Penentuan sampel untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam penelitian ini dilakukan secara acak. Pada kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa pendekatan PMRI sedangkan kelompok kontrol diberikan perlakuan berupa pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis diperoleh bahwa terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pendekatan PMRI lebih tinggi dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Hal ini terbukti dari rata-rata peningkatan kemampuan di kelas eksperimen sebesar 0,37 lebih tinggi dari rata-rata di kelas eksperimen sebesar 0,25. Dari uji hipotesis dengan statistik parametrik, yaitu Independent Sample T-Test dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05 diperoleh perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan penalaran matematis yang siginifikan, yaitu nilai sig (1-tailed) = 0,001 < 0,05 yang berarti Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan pendekatan PMRI lebih tinggi untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dibandingkan dengan penerapan pembelajaran konvensional pada materi penyajian data. Kata Kunci : Pendekatan PMRI, Kemampuan Penalaran Matematis

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Yuliana Aruan
Date Deposited: 19 Feb 2019 02:45
Last Modified: 19 Feb 2019 02:45
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/2662

Actions (login required)

View Item View Item