EFEKTIVITAS PENGGUNAN MEDIA WINGEOM TERHADAPA PEMAHAMNA KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BINTAN PADA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK

Nur, Asiah EFEKTIVITAS PENGGUNAN MEDIA WINGEOM TERHADAPA PEMAHAMNA KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BINTAN PADA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK. EFEKTIVITAS PENGGUNAN MEDIA WINGEOM TERHADAPA PEMAHAMNA KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BINTAN PADA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
NUR ASIAH-140384202049-FKIP-2019.pdf

Download (470kB) | Preview
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Media Wingeom terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMPN 1 Bintan Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok. Pembelajaran dilakukan dengan cara membandingkan pemahaman konsep matematis siswa yang telah diberikan perlakuan dengan pembelajaran menggunakan media wingeom dengan pemahaman konsep matematis siswa yang diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Populasinya adalah seluruh kelas VIII di SMPN 1 Bintan. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan cara cluster sampling. Penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif berjenis eksperimen dengan desain quasi eksperimen berbentuk the randomized pretst-posttest control group design . Kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan menggunakan media wingeom sedangkan kelompok kontrol diberikan perlakuan berupa pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan analisis dan pengujian hipotesis maka terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep matematis yang dicapai antara siswa dengan pembelajaran menggunakan media wingeom dan siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Terbukti dengan rata-rata N-gain kelas eksperimen 0,59 yang lebih tinggi dengan rata-rata N-gain kelas kontrol 0,30. Dari uji independent t-test diperoleh perbedaan rata-rata yang signifikan pada taraf nyata 0,05, diketahui bahwa hasil analisis uji independent t-test nilai independent t-test 0,00 < taraf signifikan 0,05, yaitu 0,00 < 0,05 berarti H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media Wingeom lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang Kubus dan Balok. Kata Kunci: Wingeom, Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Asiah
Date Deposited: 19 Feb 2019 04:05
Last Modified: 19 Feb 2019 04:05
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/2663

Actions (login required)

View Item View Item