PENERAPAN MODEL POGIL BERBANTUAN LKS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP AL-KAUTSAR TANJUNGPINANG

Fuadah, Nila Riqotul PENERAPAN MODEL POGIL BERBANTUAN LKS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP AL-KAUTSAR TANJUNGPINANG. PENERAPAN MODEL POGIL BERBANTUAN LKS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP AL-KAUTSAR TANJUNGPINANG. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
NILA RIQOTUL FUADAH-140384202058-FKIP-2019.pdf

Download (441kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk memaparkan perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran melalui model POGIL berbantuan LKS dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonrandomized pretest-posttest control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen yang ditentukan dengan teknik sampel jenuh. Kelas eksperimen pembelajarannya menerapkan model POGIL berbantuan LKS, dan kelas kontrol pembelajarannya menerapkan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kritis yang berbentuk uraian dan observasi. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 0,65, sedangkan rata-rata peningkatan kelas kontrol sebesar 0,42. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test pada taraf signifikansi 5 % atau (α = 0,05), diperoleh Sig (1-tailed) sebesar 0,000, dimana Sig < α, maka H0 ditolak. Hal ini berarti peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model POGIL berbantuan LKS lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kata Kunci: POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning), LKS (Lembar Kerja Siswa), Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nila Riqotul Fuadah
Date Deposited: 15 Apr 2019 01:41
Last Modified: 15 Apr 2019 01:41
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/2665

Actions (login required)

View Item View Item