EFEKTIVITAS PENDEKATAN RME TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MATERI PENYAJIAN DATA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANJUNGPINANG

DEWI, AGUSTINA EFEKTIVITAS PENDEKATAN RME TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MATERI PENYAJIAN DATA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANJUNGPINANG. EFEKTIVITAS PENDEKATAN RME TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MATERI PENYAJIAN DATA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANJUNGPINANG. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
DEWI AGUSTINA- 140384202052- FKIP-2019.pdf

Download (569kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas pendekatan RME terhadap pemahaman konsep matematis materi penyajian data siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjungpinang. Pembelajaran dilakukan dengan cara membandingkan pemahaman konsep matematis siswa yang telah diberi perlakuan yaitu pembelajaran menggunakan pendekatan RME dengan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjungpinang tahun pelajaran 2017/2018. Pemilihan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Pendekatan penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen desain quasi eksperimen. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan pendekatan RME sedangkan kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan analisis dan pengujian hipotesis maka terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep matematis yang dicapai antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan RME dan siswa dengan pembelajaran konvensional. Terbukti dengan rata-rata N-gain kelas eksperimen yaitu 0,57 sedangkan rata-rata N-gain kelas kontrol yaitu 0,34 dimana rata-rata N-gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata N-gain kelas kontrol. dari uji Independent Sample T-test diperoleh perbedaan rata-rata yang signifikan pada taraf nyata 0,05 diketahui bahwa hasil analisis uji Independent Sample T-test nilai T-test sebesar 0,00 ˂ taraf signifikan 0,05 dimana 0,00 ˂ 0,05 artinya H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan RME lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi penyajian data.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: DEWI AGUSTINA
Date Deposited: 15 Apr 2019 01:41
Last Modified: 15 Apr 2019 01:41
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/2666

Actions (login required)

View Item View Item