PENGEMBANGAN MULTI MEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI PELUANG

Sukma, harta PENGEMBANGAN MULTI MEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI PELUANG. Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Peluang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
RAJA ALIHAJI-140384202042-FKIP-2019.pdf

Download (561kB) | Preview
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan Macromedia flash yang valid, praktis dan efektif untuk pembelajaran matematika di SMA pada materi pokok peluang. Alasan diambil judul tersebut karena pembelajaran matematika masih dianggap sulit. Hal ini disebabkan beberapa hal karena materinya yang masih bersifat abstrak dan siswa hanya berpatokan kepada guru tanpa media pembelajaran yang khusus. Selain itu, disebabkan karenakan pembelajaran yang kurang menarik, atau karena kendala lainnya. Oleh sebab itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran interaktif yang berbasis komputer dapat dibuat dengan bantuan perangkat lunak (Software). Salah satu perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran adalah Macromedia flash. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pengembangan media pembelajaran menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE. Kemudian kualitas media pembelajaran Macromedia flash dinilai berdasarkan aspek validitas melalui angket oleh ahli materi dan ahli multimedia, aspek praktikalitas melalui angket respon siswa dan guru serta efektivitas melalui tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran dikembangkan dengan tahapan Analysis (analisis), Design (desain) dan Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi) yang disingkat dengan ADDIE dan hasil penilaian kualitas oleh ahli media pembelajaran dinyatakan layak sehingga valid digunakan, praktis dengan rata-rata angket respon siswa dan guru 80,5 serta efektif dengan memperoleh peningkatan hasil belajar siswa sebesar 91%.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Sukma Dwi Hartadi
Date Deposited: 18 Feb 2019 08:05
Last Modified: 18 Feb 2019 08:05
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/2726

Actions (login required)

View Item View Item