Penerapan Model Pembelajaran ARIAS Berbantuan LKS pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Tanjungpinang

Elyani, Rini Penerapan Model Pembelajaran ARIAS Berbantuan LKS pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Tanjungpinang. Penerapan Model Pembelajaran ARIAS Berbantuan LKS pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Tanjungpinang. (Unpublished)

[img] Text
JURNAL REPOSITORI.docx

Download (157kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mendapat pembelajaran melalui model pembelajaran ARIAS berbantuan LKS dengan siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. Jenis penelitian yaitu quasi eksperiment dengan desain Randomized Control Group, Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 11 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 440 siswa. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai sampel yang diambil secara acak kelas, yaitu kelas VII.2 terdapat 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 terdapat 40 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi himpunan. Setelah dilakukan analisis dan pengujian hipotesis maka terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran ARIAS berbantuan LKS dan siswa dengan penerapan pembelajaran konvensional. Terbukti dengan rata-rata gain kelas eksperimen 0,68 yang lebih tinggi dengan rata-rata gain kelas kontrol 0,30. Dari uji Mann-Whitney U diperoleh perbedaan rata-rata yang signifikan pada taraf nyata 0,05, diketahui bahwa hasil analisis uji Mann-Whitney U nilai Mann-Whitney U sebesar 0,00 < taraf signifikan 0,05, yaitu 0,00 < 0,05 berarti H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran ARIAS lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dibandingkan dengan yang memperoleh pembelajaran konvensional pada pokok bahasan himpunan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Rini Elyani
Date Deposited: 15 Apr 2019 01:42
Last Modified: 15 Apr 2019 01:42
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/2740

Actions (login required)

View Item View Item