PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT PADA TOPIK BENTUK ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 TANJUNGPINANG

Suranti Br. Ritonga, Maisarah PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT PADA TOPIK BENTUK ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 TANJUNGPINANG. Penerapan Mdel Pembelajaran Missouri Mathematics Project pada Topik Bentuk Aljabar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Tanjungpinang. (Unpublished)

[img] Text
E-JOURNAL MAISARAH S BR R.docx

Download (56kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Missouri Mathematics Project dengan yang memperoleh pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yaitu quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 11 kelas dengan jumlah siswa 440 siswa. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas sampel yang diambil secara acak kelas, yaitu kelas VII.2 yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi dan tes kemampuan berpikir kreatif matematis pada materi bentuk aljabar. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis kelas eksperimen sebesar 0,4495, sedangkan rata-rata peningkatan kelas kontrol sebesar 0,3325. Berdasarkan hasil perhitungan uji statistik terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada kedua kelompok pembelajaran dengan menggunakan Independent Sample T-test pada taraf signifikansi 5% atau (α = 0,05), diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,001. Dalam penelitian ini menggunakan uji satu pihak (pihak kanan) diperoleh sig. 0,0005 dimana p-value < α, maka H0 ditolak. Hal ini berarti peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Missouri Mathematics Project lebih tinggi daripada yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Maisarah Suranti
Date Deposited: 15 Apr 2019 01:42
Last Modified: 15 Apr 2019 01:42
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/2744

Actions (login required)

View Item View Item