Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Persamaan Lingkaran Berdasarkan Taksonomi SOLO-Plus Siswa Kelas XI SMKN 4 Tanjungpinang

TIYA, ARIYANA Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Persamaan Lingkaran Berdasarkan Taksonomi SOLO-Plus Siswa Kelas XI SMKN 4 Tanjungpinang. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Persamaan Lingkaran Berdasarkan Taksonomi SOLO-Plus Siswa Kelas XI SMKN 4 Tanjungpinang.

[img]
Preview
Text
TIYA ARIYANA-140384202028-FKIP-2019.pdf

Download (439kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase kesalahan siswa pada masing-masing level taksonomi SOLO Plus serta letak kesalahan yang dominan dan faktor-faktor penyebab kesalahan siswa kelas XI RPL 1 SMKN 4 Tanjungpinang dalam menyelesaikan soal-soal matematika terkait materi persamaan lingkaran. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMKN 4 Tanjungpinang Kelas XI RPL 1 yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara, dan dokumentasi serta menggunakan metode triangulasi sebagai pengecekan keabsahan data. Instrumen dalam penelitian ini meliputi soal tes dan lembar pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan persentase kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan lingkaran adalah persentase kesalahan siswa berada di level prastrustural 12,20%, di level unistructural 13,82%, di level multistructural 18,70%, di level semi relasional 24,39%, di level relasional 10,57%, dan di level abstract 8,94%. Sedangkan level extended abstract persentase siswa mencapai 11,38%. Kesalahan yang dominan muncul dari siswa saat menyelesaikan soal terkait materi persamaan lingkaran berada di level semi relasional sebesar 24,39%. Faktor-faktor penyebab kesalahan siswa adalah malas mempelajari matematika, kurang memahami konsep-konsep yang terkait materi persamaan lingkaran dan tidak teliti dalam mengerjakan soal serta menghitung, terburu-buru dalam mengerjakan soal sehingga melakukan kesalahan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Tiya Ariyana
Date Deposited: 19 Feb 2019 01:46
Last Modified: 19 Feb 2019 01:46
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/2753

Actions (login required)

View Item View Item